Aku merasa bersyukur berada di group WA Crafter Against Corona. Group yang tidak hanya berisi crafter-crafter kreatif dengan niat berbagi, melainkan juga pribadi-pribadi dengan talenta masing-masing yang unik dan menarik.

Tak berhenti hanya berbagi masker untuk sesama, juga swap alias tukar hadiah untuk teman seperjuangan di sewing craft, group yang sisinya gado-gado, nggak melulu posting soal kerajinan tangan ini meluas. Salah seorang foundernya—Maria Magdalena–yang merupakan influencer kawakan, berhasil menggeret kami untuk  menekuni dunia tulis menulis dan ngeblog.

Memangnya seberapa penting sih ngeblog dan menulis itu? Apa tujuanmu? Demikian pertanyaan awal yang disampaikan pemateri di kelas menulis, Kak Irai aka Raihana Mahmud yang berdomisili di Malaysia. Sebelumnya kami sudah pernah berinteraksi yaitu saat aku menulis tentang beliau untuk rubrik Profile di bulletin Craftalova.

Beberapa jawaban mengemuka dari pertanyaan pembuka tersebut. Yang jika disarikan, dengan bahasa sederhana, menulis menjadi sarana kami bicara pada dunia. Tentang diri, tentang keluarga, tentang keresahan lingkungan, yang pada akhirnya selain bisa membebaskan kami dari apa yang hendak meledak di kepala dan dada, juga berharap bisa memberi manfaat bagi sekitar.

Materi tentang kepenulisan dengan tugas-tugas yang harus kerjakan adalah sesi kedua, Sesi pertama, yang diampu oleh Maria Magdalena adalah membuat ‘rumah’ bagi tulisan-tulisan kami di platform blogspot. Beberapa teman terutama yang belum terbiasa dengan aplikasi dan gadget agak kesulitan. Buat aku sendiri, ini seperti dejavu, 14-15 tahun lalu saat aktif ngeblog di Multiply.

Selain tugas-tugas menulis dan merapikan serta mempercantik rumah bagi ide-ide di kepala dan pengalaman kami sehari-hari, kami juga diberi tugas jalan-jalan dan mereview isi rumah teman-teman. Yap, sinergi dan berbagi memang jadi sebuah keharusan. Kita tidak bisa meminta  jika tidak suka memberi.

Jadi bagaimana kesan akan kelas Nulis & Ngeblog Itu Asyik? Bingiit.. Sstt… ngomong-ngomong, Cikgu Irai agak kurang sreg sama bahasa slank, jadi bilang bingitnya jangan kenceng-kenceng ya. Hahaha..

Baiklah.. segitu aja deh. Tugas lain sudah menunggu. Salah satunya adalah mempersiapkan kelas untuk workshop online gratis jahit backpack nanti siang di Ayaran. Juga mau edit video dulu untuk konten channelku yang ini dan ini.

Yang jelas, aku insyaAllah akan konsisten menulis dan mengisi blog dan web meskipun kelas sudah berhasil. Bukan hanya karena itu adalah ‘sahabat’ bagi dua channel youtubeku, tapi juga karena itu adalah peninggalanku, diary yang bukan sekedar sarana curhat, melainkan wadah mendulang pahala. Aamiin..

 

Tanah baru, 10 Juli 2020 07:30