Buku Tas Handmade 2 dari Tote ke Backpack merupakan serial kedua dari bag making book yang ditulis oleh Indarwati Ayaran. Sebelumnya, bulan April 2017, telah diterbitkan  secara indie buku bag making serial pertama Tas Handmade dari A ke Z. Respon yang bagus membuat buku pertama tersebut sudah dicetak ulang sebanyak 3 kali. Bahkan pada saat peluncurannya, buku yang dijual secara PO (Pre Order) itu terjual hingga 1517 eksemplar dalam waktu PO hanya sepekan. Sebuah prestasi bagi penulis yang sebelumnya sudah menghasilkan dua buku kerajinan tangan melalui penerbit, Creative Mom for a Smart Kids (Gramedia) dan Daur Ulang Barang Bekas (Demedia)

 

Kesuksesan buku pertama dan demand pelanggan mendorong Indar untuk membuat serial yang kedua. Jika di buku pertama penulis mendedah dari awal berupa penjelasan tentang aksesoris, bahan, peralatan, dan sebagainya, maka di buku kedua ini penulis juga mengawali dengan pengetahuan dasar dalam sebah pembuatan bag making, yaitu kombinasi warna, bahan, dan motif, teknik dasar, serta pengertian tentang model dasar sebuah tas.

Bab berikutnya, sama dengan buku pertama, penulis mendetailkan setiap langkah dalam pembuatan sebuah model tas. Disertai foto-foto yang jelas dan narasi serta deskripsi yang mudah dimengerti. Secara keseluruhan ada 12 model tas yang merupakan derivasi dari model dasar. Berawal dari model tote yang sederhana hingga backpack yang lebih rumit.

 

 

Dicetak dengan kertas art paper full color tebal, dengan ukuran 19×24 cm sebanyak VI+112 halaman, buku ini pas sebagai buku how to. Tutorial mudah dipahami karena media yang mencukupi sekaligus masih ‘handy’ untuk dimasukkan ke tas. Selain bisa dipraktekkan sendiri, diberikan sebagai kado bagi sesama sahabat pecinta sewing craft utama bag maker, buku ini elegan dan sangat layak.

 

Sedikit berbeda dengan buku pertama yang lebih padat dengan lebih banyak informasi dan 13 proyek, buku kedua ini terasa lebih ‘manis’. Ternyata kuncinya ada di layouternya yang sudah terbiasa mengerjakan bulletin Craftalova—buletin tentang sewing craft–,Syifa Raihanah. Sementara di buku pertama, Tas Handmade dari A ke Z, desain, foto, editing, termasuk lay out dikerjakan sendiri oleh penulisnya, Indarwati.

Untuk memudahkan pembaca, penulis yang juga aktif sebagai vlogger ini–membagikan tips dan trik serta project di dua channel; Ayaran Indar dan Ayaran’s needlework DIY—melengkapi bukunya dengan pola skala 1:1. Ukuran kertas A1 sebanyak 3 lembar memudahkan pembaca untuk menjiplak polanya ke kertas karton atau media lain yang disukai. Penulis juga membagikan cara menjiplak pola tersebut di videonya.

Seorang pembeli menuliskan di akun media sosialnya seperti di bawah ini. Sungguh, itu apresiasi yang sangat berarti bagi penulis. Terimakasih Mbak Yie.

 

Jadi, tertarik dengan pembuatan Tas Handmade? Kontak saja penulisnya. Karena dia menjual buku ini tidak melalui distributor (yang menitipkan ke toko-toko buku), melainkan langsung ke pengguna. Mau tahu kontak penulisnya? Ya, colek saja aku, karena yang menulis review buku ini adalah penulis buku itu sendiri, me, Indarwati 😊