Cara Bikin Buku
#1 TEMA
 
Hampir 3 tahun lalu, ketika aku mulai menulis untuk buku Tas Handmade dari A ke Z, tema utama belum terlintas di kepala.
 
Sesuatu yang paling men-drive-ku waktu itu adalah bagaimana aku menyajikan sesuatu yang dapat menjawab pertanyaan customer dalam sebuah media, selengkap dan sedetail mungkin. Tentu berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang kudapatkan selama lebih dari 8 tahun bergelut di kerajinan tangan utamanya jahit, dan mengerucut 3 tahun di tas.
 
Pendorong lainnya adalah kerinduanku untuk menulis buku,  yang sudah kugeluti sejak 2005, hingga menghasilkan beberapa novel, buku antologi, hingga nonfiksi.
 
Membuat daftar frequently asked questions dari pelanggan di page Ayaran Sew n Shop atau dari akun facebook Ayaran Indar, aku menemukan pola apa yang banyak dicari tahu calon customer . Maka tema yang ingin Aku elaborasi adalah apa saja jika seorang crafter tas pemula hendak terjun ke bidang ini. Sesuatu yang basic banget, atau bisa dibilang 101 sebuah mata pelajaran
 
Dari sanalah tersusun daftar isi. Tentang aksesoris tas, peralatan, bahan pelapis, dsb. Project aku susun dari yang paling mudah sampai yang paling rumit. Alhamdulillah penerimaan sahabat Ayaran sungguh di luar dugaan.
 
Di sela-sela penggarapan buku bag making pertama itu, terbitlah ide untuk tema-selanjutnya. Termasuk yang insyaAllah akan launching besok, Tas Handmade2 dari Tote ke Backpack.
 
Mencari2 referensi, ada perbedaan jumlah model yg kudapatkan. Untuk buku THTB ini aku cantumkan yang sudah familiar dengan kita saja. Sedangkan untuk projectnya, karena pembaca makin pintar, maka contoh project tak terlalu sederhana. Melainkan ada sedikit modifikasi atau tambahan2. Misal di tas Tira yang kupilih untuk menjadi kavernya, jenis aslinya adalah tas frame/behel. Tapi aku modifikasi jadi tas punggung juga. Atau Mayla wristlet yang basic sederhana, aku modifikasi menjadi 2 kompartemen dengan salah satunya bergusset.
 
Demikian sekilas tentang Tema. Bisa muncul dari mana saja. Masa awal belajar menulis, terutama fiksi, untuk menjaring ide biasanya aku keluar. Sengaja berjalan tanpa tujuan, menggunakan moda transportasi umum seperti kopaja. Dalam perjalanan itu aku mengamati wajah-wajah, mengira-ngira apa di balik semua senyum, tawa, raut luka di wajahnya. Membaca berita juga salah satu cara mendapatkan ide tema buku yang hendak kita tulis.
 
Khusus dalam perjalanan panjang buku how to, untuk selanjutnya aku akan menulis tentang sesuatu yang lebih teknis; mendesain, membuat pola, bagaimana mengolahnya, dll.
 
Sampai ketemu di tulisan berikutnya..😘😃
 
Negombo, 22 Okt’19
 
#carabikinbukuhowto