Cara Bikin Buku How To #2

DESAIN

Setelah yakin dengan tema utama yang akan kita kemukakan, langkah selanjutnya adalah mendesain alias merancang.
Untuk buku bag making, tentu yang dirancang adalah jenis tasnya, bahan utama, bahan pelapis, aksesoris, dll.

Bahan dan aksesoris secara langsung terkait dengan desain yang kita buat. Misal mau bikin tas jenis bucket, kita tentu akan susah jika menggunakan bahan kulit sintetis yang tebal. Krn bucket mensyaratkan bagian atasnya bisa diserut. Setidaknya ini pakem modelnya. Maka pilihan bahan harus yang sesuai.

Aksesoris, jelas mengikuti pilihan bahan seperti yang sudah kutulis di salah satu bab di buku Tas Handmade dari A ke Z. Besi2 warna nickle tentu kurang cocok dipilih untuk tas bucket berbahan burlap spt tas Ratri, di buku Tas Handmade 2, misal.

Desain awal berbentuk coretan di buku ini lalu kita breakdown menjadi panel-panel dengan ukuran riil.

Salah satu contoh proses aku menemukan ukuran riil dari bentuk mentah ada di videoku https://youtu.be/ARrbSM128zc .

Disitu aku menggambarkan ukuran kasur. Dari sana ketemulah ukuran panjang lebar . Plus kampuh dan lebihan (jika ada) maka ketemulah ukuran sebenarnya.

Untuk tas, biasanya aku beri inisial masing2 panelnya misal A, B, C, dst di oret2an. Selanjutnya aku sket masing2 panel tersebut lengkap dengan ukurannya. Nanti jika sket sudah digambar dengan ukuran 1:1 di kertas Samson atau langsung digital dengan Corel, baru dia dinamai sesuai posisinya. Misal panel utama, panel samping dsb.

Untuk Tas Handmade2 aku melakukan standarisasi penyebutan. Jika di buku Tas Handmade 1 aku menggunakan istilah badan luar, dsb sekarang lebih tepat dengan istilah panel.

Desain tas selesai, nanti kita akan mendesain buku secara keseluruhan. Mau bergaya vintage dengan banyak sentuhan coklat (jika temanya tas2 vintage) atau lebih colourful. Tinggal sesuaikan dengan tema.

Demikian tentang desain. Next, tentang Pola. Stay tune ya..

Maghrib, 26 Okt’19. Medinah-Mekah

#carabikinbukuhowto